Jembatan Ampera Palembang Ditutup 27-28 September untuk Tes Beban, Arus Kendaraan Dipindahkan

  • Whatsapp

Jembatan Ampera di Palembang, Sumatera Selatan, akan ditutup selama 2 hari, mulai 27 sampai 28 September 2021 untuk tes beban dinamis (dynamic loading). Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Negara (BBPJN) V Daerah Sumsel Syaiful Anwar menjelaskan, test dinamis dilaksanakan untuk mengetahui kapasitas struktur jembatan yang sudah dibangun sejak 1965 itu.

Sejak dipakai, jembatan penyambung di antara wilayah hilir dan hulu Kota Palembang ini belum pernah dikaji secara detail termasuk kapasitas dari jembatan.

Bacaan Lainnya

Umur jembatan ini sudah 56 tahun, sehingga perlu ditinjau untuk mengetahui struktur dari jembatan dengan melakukan tes beban,” kata Syaiful kepada wartawan, Kamis (23/9/2021). Melihat dari bentuknya, Jembatan Ampera yang menjadi icon Palembang itu diprediksi mempunyai desain buat ketahanan kurang lebih 75 tahun.

Adapun umur setiap jembatan memiliki ketahanan yang berbeda. Mulai 100 tahun, 75 tahun, dan 50 tahun. “Hasil penilaian nanti akan mengetahui kapasitas dari jembatan Ampera ini,” ujar dia. Saat tes beban dilaksanakan, Jembatan Ampera nantinya disterilkan dari kendaraan pada jam 22.30 WIB sampai jam 03.30 WIB.

Selama itu, jembatan tak boleh dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat. Arus lalu lintas akan dipindahkan ke Jembatan Musi IV dan Musi VI, baik kendaraan yang dari hilir atau dari hulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *