10 Tempat Rekreasi di Palembang, Hits dan Instagramable Sekali!

  • Whatsapp
Palembang

Menjadi salah satunya kota paling tua di Indonesia, Palembang sebagai daerah warisan Kerajaan Sriwijaya yang menyimpan sejuta peninggalan budaya. Tidak hanya populer dengan makanan uniknya, Palembang juga memiliki potensi yang sangat menarik.

Bisa dibuktikan pada 2018, Palembang sukses dipilih jadi tuan-rumah Asian Game 2018 bersama Jakarta. Nach, jika kamu merencanakan berlibur ke Palembang, 10 referensi tujuan atau tempat rekreasi di Palembang yang menarik ini dan wajib masuk wishlist kamu!

Bacaan Lainnya

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Jadi icon Palembang, rasanya kurang afdol jika tidak bertandang ke Jembatan Ampera. Dibuat semenjak 1965, jembatan ini menyambungkan dua wilayah, yakni Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisah Sungai Musi.

Untuk menyongsong Asian Game 2018, Jembatan Ampera diperbaiki jadi semakin elok. Ada bangku-bangku di pinggirnya dan jam analog raksasa yang ditaruh di menara jembatan. Harus beberapa foto, dech!

2. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang

Ada sebuah mushola unik yang mempunyai bangunan dengan elemen Cina, Arab, dan Palembang. Konon, Laksamana Cheng Ho asal China sempat bertandang ke Palembang dan menebarkan Islam.

Tempatnya Instagramable, mushola Cheng Ho Palembang mempunyai bangunan yang dikuasai warna merah. Kece ya?

3. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Terletak sekitaran enam km dari Jembatan Ampera, Pulau Kemaro berada di tengah Sungai Musi. Pulau ini salah satunya tujuan populer di Palembang, nuansa budaya China-nya benar-benar kental.

Kamu akan mendapati pagoda dengan 9 lantai, Kelenteng Hok Tjing Rio, kuil Buddha, dan pusara Pangeran Tan Bun An dan Putri Siti Fatimah yang bersebelahan. Kabarnya, ada Pohon Cinta di pulau ini yang dipercayai warga sekitaran dapat membuat jalinan abadi jika kamu mendatanginya. Tertarik kesini bersama pasangan?

4. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Bangunannya unik, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berupa Rumah Limas ciri khas Palembang. Museum ini lumayan dekat dengan Monumen Perjuangan Rakyat, tinggal jalan kaki saja.

Kamu dapat ajak keluarga besar ke museum ini, karena akan ada beberapa warisan riwayat dan budaya. Ada koleksi tekstil senjata, baju tradisionil, kerajinan, dan coin Sumatera Selatan.

Tidak hanya itu, ada juga artefak warisan dari jaman Sriwijaya, seperti patung Ganesha dan Buddha. Kamu hanya perlu bayar ticket dengan harga Rp5.000 untuk dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak saat kesini. Bukanya jam 08.00-16.00 sehari-harinya.

5. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk

 

Sekana Sidewalk sebagai spot rekreasi baru di Palembang. Pemerintahan di tempat mengganti tempat ini untuk menyongsong Asian Game 2018. Jalan dan temboknya beragam warna, tempat ini terlihat Instragamable sekali.

6. Alquran Al Akbar

Ada pula rekreasi religius yang memikat di Palembang, satu diantaranya tempat Alquran raksasa. Terletak di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus, Alquran ini terbuka untuk umum. Keseluruhannya 30 juz ayat suci Alquran yang dibuat di atas kayu. Ukuran sekitaran 1,7 x 1,4 mtr. dan diatur sampai lima lantai. Jika kesini, pengunjung harus menggunakan baju yang tutup aurat dan melepaskan alas kaki.

7. Air Terjun Maung

Tujuan alam di Palembang jangan terlewati. Ada Air Terjun Maung yang mempunyai tinggi nyaris 80 mtr.. Air terjun ini mengucur dari tebing yang hijau. Udaranya sejuk sekali, pas menjadi tujuan rekreasi dengan keluarga. Akan hebat, dech!

8. Punti Kayu

Punti Kayu

Jika ingin rekreasi yang dekat-dekat saja, ada Taman Rekreasi Punti Kayu yang ada di jantung Kota Palembang. Sarat dengan pohon-pohonan rimbun, situasi rimba kota ini dapat membuat hati dan pemikiran lebih fresh. Luas hutannya sekitaran 50 hektar.

Kamu dapat berkunjung kebun binatang, penangkaran buaya, kolam renang, tempat rekreasi, taman, naik perahu, pertunjukan gajah, dan tempat naik kuda di sini. Paket komplet, kan?

9. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak sebuah kompleks keraton sebagai pusat Kesultanan Palembang. Lokasinya ada di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin, 19 Ilir, Bukit Kecil. Benteng ini telah ada semenjak era ke-18, tidaklah aneh banyak warisan riwayat di sini. Yakin atau mungkin tidak, beritanya benteng ini dibuat dari putih telur yang digabung batu kapur sebagai perekat bata. Penyelesaiannya berjalan sepanjang 17 tahun, lho.

10. Tugu Belido

Jika Singapura punyai Merlion, Palembang punyai Tugu Ikan Belido. Lokasinya ada di pinggir Sungai Musi, tugu ini menghadap ke Jembatan Ampera. Tugu ini baru saja dibuat, tetapi telah jadi icon baru Palembang. Ikan Belido sebagai ikan epidemik di Sungai Musi dan jadi bahan khusus pembikinan pempek. Sayang, saat ini mulai musnah dan berpindah memakai ikan tenggiri.

Dan itu beberapa rekomendasi tempat rekreasi di Palembang yang harus buat kamu datangi bila kamu merencanakan berlibur ke Kota ini . Maka ingin ke mana dahulu kita?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *